Siapkan Generasi NU, GP Ansor Gelar PKD

PKD-ANSOR-KUNINGAN
PEMBUKAAN: Ketua PC NU Kuningan KH Didin Misbahudin memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan PKD GP Ansor di Aula Gedung PC NU Kuningan, Sabtu (24/11). FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Kuningan menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di Gedung PC NU Kabupaten Kuningan, Sabtu-Senin (24-26/11). PKD bertema Dengan Pelaksanaan PKD Bela Agama Bangsa dan Negeri, itu diikuti 70 peserta yang berasal dari berbagai pengurus anak cabang di 32 kecamatan se-Kabupaten Kuningan.

Menurut Ketua GP Ansor Kuningan KH Didin Misbahudin, PKD bertujuan untuk menciptakan kader penggerak GP Ansor tingkat anak cabang dan ranting yang memiliki kapasitas dan kemampuan yang andal. Selain itu untuk kader yang siap mengawal serta menjadi dinamisator organisasi GP Ansor di tingkat Pimpinan Anak Cabang dan pimpinan ranting.

Peserta PKD selama pelatihan diberikan sejumlah materi penting untuk meraih kompetensi. Hal itu bertujuan antara lain agar memiliki wawasan keilmuan yang luas dan bobot pengetahuan yang lebih memadai tentang ke-Aswaja-an, ke-NU-an, ke-Indonesia-an dan kebangsaan, ke-Ansor-an dan ke-Banser-an.

Selain itu, untuk memiliki amaliyah dan tradisi keagamaan NU, manajemen keorganisasian serta analisis sosial. Dalam pelatihan, peserta digembleng Tim Instruktur PW GP Ansor Jawa Barat. “Peserta tidak sekadar di-up grade pengetahuan, tetapi juga olah fisik, mental dan spiritual,” kata Didin.

PKD dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Dian Rachmat Yanuar. Turut hadir Rois Syuriah PC NU Kuningan KH Abdul Aziz Anbar Nawawi, Ketua Tanfidiyah PC NU KH Aminudin yang pada saat itu diwakili oleh Sekretarisnya KH Aang Ashari LC, serta jajaran Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kuningan.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Kuningan Dian Rachmat Yanuar  mengucapkan terima kasih atas kontribusi GP Ansor dan mendorongnya untuk terus menerus berkontribusi positif bagi negara, bangsa, dan masyarakat yang selama ini telah terbukti sebagai pengawal NKRI.

“Terima kasih atas kontribusi GP Ansor Kuningan. Teruslah berkontribusi positif bagi negara, bangsa, dan masyarakat yang selama ini telah terbukti sebagai pengawal NKRI,” harap Dian. (muh)