Sinergitas Program SKPD Belum Optimal

RAKOR: Bappelitbangda Kabupaten Cirebon menggelar Rakor Sub Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA), (22/3). FOTO: DENY HAMDANI/RADAR CIREBON
RAKOR: Bappelitbangda Kabupaten Cirebon menggelar Rakor Sub Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA), (22/3).FOTO: DENY HAMDANI/RADAR CIREBON

CIREBON-Sinergitas program kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Cirebon, belum optimal dengan program Kabupaten Layak Anak (KLA).

Hal itu diperlukan, melalui program kerja untuk bisa menyukseskan Kabupaten Layak Anak.

Kabid Pemerintahan, Sosial dan Budaya Bappelitbangda Kabupaten Cirebon, Agung Gumilang kepada Radar Cirebon mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan penilaian Kabupaten Layak Anak. Dalam rapat persiapan, pihaknya menggandeng SKPD lain.

“Kita tidak bisa sendiri. Kita butuh Disdik, PUPR, Dishub dan juga SKPD lainnya. Karena semuanya saling berkaitan, sehingga harus dilibatkan,” tuturnya usai memimpin Rakor Sub Gugus Tugas KLA, Jumat (22/3).

Namun sayangnya, program kerja yang ada pada setiap SKPD, saat ini masih belum optimal dalam sinergitas program Kabupaten Layak Anak ini. Begitupun dengan dukungan sarana dan prasarana, juga masih belum optimal.

Misalnya setiap jalan raya di depan sekolah harus dibuat zebra cross.

Agung mengungkapkan, dukungan setiap SKPD sangat diperlukan dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak. Karena ini menyangkut lima kluster hak anak.

Seperti hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya, perlindungan khusus. (den)