Sirkuit Motocross Geger Beas Pamulihan Diresmikan

sirkuit-motocross
SIRKUIT BARU: Puluhan croser mencoba sirkuit baru di Kampung Cikoneng Desa Pamulihan, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, yang baru diresmikan. Foto: Agus Panther/RADAR KUNINGAN

Bagi para croser atau penghobi motocross layak menjajal track baru di Kampung Cikoneng Desa Pamulihan Kecamatan Subang Kuningan. Sirkuit Geger Beas seluas satu hektare yang baru diresmikan itu, dapat menguji adrenalin para croser.

AGUS PANTHER, KUNINGAN

MESKIPUN belum bertaraf internasional, namun arena sirkuit menyuguhkan keindahan alam pegunungan yang terletak di atas bukit Geger Beas. Tentu, hal itu menjadi referensi tersendiri bagi para crosser yang ingin menjajal track baru tersebut.

Saat ini, sirkuit dikelola langsung Karang Taruna Kampung Cikoneng. Sehingga dapat memberdayakan pemuda untuk terus memaksimalkan potensi di wilayah perdesaan.

“Alhamdulilah Desa Pamulihan kini mempunyai destinasi wisata baru, yang khusus diperuntukan bagi para biker dan crosser. Selain menjadi salah satu pemasukan bagi APBDes, adanya sirkuit ini dapat memberdayakan potensi pemuda untuk terus berkarya,” kata Ketua Karang Taruna Kampung Cikoneng, Apeng Tarno saat dimintai keterangan persnya, Senin (10/6).

Apeng memaparkan, sirkuit ini menjadi ruang bagi para pemuda untuk menyalurkan potensinya, agar dapat bermanfaat bagi kemajuan desa. Sehingga para pemuda memiliki kegiatan positif, sekaligus memberikan peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Tokoh Pemuda Desa Pamulihan sekaligus Sekjen Indonesia Starlet Club (ISC) Chapter Kuningan, Supriadi sangat apresiasi terhadap gagasan para pemuda yang mampu memaksimalkan potensi daerahnya. Sehingga ada bentuk kontribusi yang diberikan pemuda bagi kemajuan desanya.

“Desa Pamulihan sebelumnya sudah dijadikan ajang para motocross untuk unjuk kabisa. Pak Edo Wakil Bupati sering menggunakan area ini untuk menyalurkan hobinya, apalagi sekarang sudah diresmikan,” ujarnya.

Pihaknya menilai, adanya sirkuit bagi para crosser dapat membuka peluang usaha bagi warga setempat, misalnya mendirikan warung-warung atau bengkel motocross.

“Insya Allah akan berdampak positif bagi semuanya, baik itu para penghobi motor trail maupun masyarakat sekitar. Kami juga bersyukur mempunyai Camat Subang yang sangat perhatian terhadap potensi yang dimiliki daerahnya, hal ini menjadi motivasi kami untuk meresmikan Sirkuit Geger Beas,” terangnya.

Sementara itu, Camat Subang IndraBayu SSTP menyatakan, keberadaan Sirkuit Geger Beas telah menambah destinasi wisata baru di wilayahnya. Terlebih para crosser dari luar Kabupaten Kuningan seperti Ciamis, Majalengka, Cirebon, bahkan Bandung pernah merasakan sirkuit tersebut.

“Semoga sirkuit ini dapat bermanfaat bagi kepentingan warga masyarakat di sini. Mudah-mudahan ke depan bisa mengadakan event yang mengangkat harum olahraga motocross di Kabupaten Kuningan,” tutupnya. (*)