Smanester Siap Helat USBNBK, Didukung 100 Unit Komputer

SIAP USBNBK: Siswa kelas XII SMAN 1 Terisi saat mengikuti simulasi USBN BK, (14/3). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU
SIAP USBNBK: Siswa kelas XII SMAN 1 Terisi saat mengikuti simulasi USBN BK, (14/3).FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

 

INDRAMAYU-Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBNBK) dimulai 18 Maret 2019 mendatang. SMA Negeri 1 Terisi (Smanester) mengklaim sudah siap 100 persen.

Disediakan 100 unit komputer dan 3 ruang kelas untuk mengikuti pelaksanaan USBNBK yang baru pertama kali diadakan.

“90 unit komputer yang digunakan, sisanya cadangan untuk antisipasi,” kata Kepala Smanester, Daryam SPd MPd kepada Radar Cirebon, Kamis (14/3).

Tidak hanya fasilitas, calon peserta yakni sebanyak 218 siswa kelas XII juga jauh-jauh hari telah dibekali keterampilan mengoperasikan komputer.

Yakni pada beberapa kegiatan simulasi maupun tryout menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Untuk UNBK, Smanester sudah tiga kali melaksanakannya. Jadi Insya Allah, kita benar-benar siap, baik siswa maupun guru-gurunya,” kata Daryam.

Kesiapan mengikuti USBNBK, tegasnya, sejalan dengan visi Smanester untuk terus melakukan inovasi perkembangan teknologi informasi (IT) demi kemajuan pendidikan serta sesuai tuntutan masyarakat.

Terlebih, USBNBK dinilai lebih afisien ditinjau dari segi anggaran dibanding dengan ujian sekolah secara manual yang membutuhkan banyak kertas untuk mencetak soal maupun lembar jawaban ujian sekolah.

“Melalui teknologi sekolah berbasis IT, maka akan terjadi penghematan biaya cukup besar. Smanester akan terus berupaya untuk mengikuti perkembangan kemajuan teknologi tentunya dengan dukungan banyak pihak,” tegasnya. (kho)