Soal Kasus Ustad Abdul Somad, MUI Sebut Diselesikan Sesama Tokoh Bangsa

Ustad Abdul Somad
Ustad Abdul Somad

JAKARTA-MUI sudah melayangkan surat panggilan ke UAS untuk meminta klarifikasi terkait ceramahnya. Dan, undangan itu pun dipenuhi UAS, Rabu (21/8). Hingga akhirnya MUI pun meminta agar ceramah UAS tidak dibawa ke ranah hukum.

“Kami memanggil ke sini supaya reda dan jangan masuk ke wilayah hukum, tapi masuk ke wilayah yang sifatnya kultural,” kata Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Masduki Baidlowi dalam jumpa pers bersama UAS di kantor MUI Jakarta, Rabu (21/8) lalu. “Kita selesaikan persoalan ini antarsesama tokoh agama,” sambungnya.

Masih kata Masduki, jajaran pengurus MUI Pusat bakal menggelar silaturahmi dengan pemuka agama kristen. “MUI akan melakukan silaturahmi ke berbagai tokoh masyarakat, tokoh agama. Tokoh agama dari Katolik, Protestan. Bagaimana agar ini tidak menjadi persoalan besar,” ucap dia.

MUI, menginginkan kondisi bangsa tetap kondusif. Persatuan dan kesatuan tetap harus dijaga setelah situasi panas kontestasi Pilpres 2019. “Bangsa ini baru selesai Pilpres 2019 yang sempat renggang dan sedang dirajut kembali. Jangan karena persoalan ini (ceramah Ustad Somad) renggang kembali,” lanjut dia.

Masduki menyebut silaturahmi mulai dilaksanakan pekan depan. Dia juga menekankan Ustaz Somad tidak ikut dalam agenda silaturahmi dengan pemuka agama kristen. “Ini MUI Pusat, tidak harus (silaturahmi digelar dengan Ustad Somad),” katanya. (mhf/gw/fin/jpnn)

Berita Terkait