Sudiyono Juara Lomba Rumah Sehat Persit Kartika Chandra Kirana

RUMAH SEHAT: Anggota Koramil 1609 Juntinyuat Serma Sudiyono dinyatakan sebagai pemenang dalam lomba Rumah Sehat Bintara dan Tamtama tahun 2019, (13/3). FOTO: KOMARUDIN KURDI/RADAR INDRAMAYU
RUMAH SEHAT: Anggota Koramil 1609 Juntinyuat Serma Sudiyono dinyatakan sebagai pemenang dalam lomba Rumah Sehat Bintara dan Tamtama tahun 2019, (13/3).FOTO: KOMARUDIN KURDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Rumah tempat tinggal Serma Sudiyono, anggota Koramil 1609 Juntinyuat terpilih sebagai pemenang Lomba Rumah Sehat Bintara dan Tamtama tingkat Kodim 0616 Indramayu.

Rumah yang ditempati pasangan suami istri (pasutri) Serma Sudiyono dan Ny Turniasih SPd, mampu menyisihkan peserta lomba dari perwakilan masing-masing Koramil di jajaran Kodim 0616 Indramayu.

Sebagai bentuk penghargaan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXVII Kodim Indramayu Ny Tami Agung Nur Cahyono didampingi Wakil Ketua Ny Lindawati Hudi Mahudi, dan Ketua Ranting Persit KCK Koramil 1609 Juntinyuat Hj Siti Fatimah Nariman, langsung meninjau rumah yang dinyatakan pemenang komba tersebut.

“Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-73 Persit KCK, 3 April mendatang. Dipilihnya rumah milik Serma Sudiyono, selain kebersihan rumah dengan ventilasi udara serta pencahayaan yang cukup, sanitasi lingkungan yang baik juga menjadi faktor utama dari penilaian.

Dan yang tidak kalah penting adalah pemanfaatan lahan pekarangan yang terbatas, dengan tanaman yang bermanfat,” terang Tami kepada Radar Cirebon usai mengecek lokasi rumah sehat, Rabu (13/3).

Dijelaskan Tami, lomba dimaksudkan agar anggota selalu menjaga pola hidup sehat dan bersih di lingkungan rumah. Hal ini dirasa akan menunjang kinerja setiap anggota, dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai bhayangkari negara.

“Kesehatan adalah hal yang paling utama. Dan semuanya berawal dari keluarga, rumah tempat tinggal masing-masing anggota. Tak hanya sekadar rumah yang bersih.

Anggota juga diharapkan bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang sempit, dengan menanam tanaman obat serta sayur mayur yang bisa menambah penghasilan bagi keluarga,” imbuhnya.

Dari hasil penilaian, rumah tempat tinggal Serma Sudiyono, anggota Koramil 1609 Juntinyuat terpilih sebagai pemenang lomba, menyisihkan peserta lomba dari perwakilan masing-masing Koramil di jajaran Kodim 0616 Indramayu.

Dengan model rumah minimalis, Serma Sudiyono menyulap lahan pekarangan seluas 7 x 4 meter tersebut menjadi apotek serta warung hidup.

Sementara itu, Danramil 1609 Juntinyuat Kapten Inf H Nariman melalui Serma Sudiyono mengungkapkan, dirinya memang senang berkebun.

“Di pekarangan yang sempit ini, tak kurang dari 50 tanaman obat serta sayur mayur yang saya tanam,” terangnya.

Tak hanya tanaman obat serta sayur mayur di lahan yang sangat terbatas ini, Sudiyono juga membudidayakan lele dengan sistem bioflok. Ribuan ekor lele dibesarkan dengan media kolam terpal berukuran 4 x 3 meter.

”Seribu ekor lele saya besarkan di kolam ini. Alhamdulillah hasilnya bisa menjadi tambahan penghasilan bagi keluarga,” tambah anggota yang pernah berdinas di Yonif Linud 328 Kostrad ini.

Sementara itu, Ketua Persit KCK Ranting Koramil 1609 Juntinyuat Ny Hj Siti Fatimah Nariman, sangat mendukung kegiatan lomba Rumah Sehat Bintara dan Tamtama yang dilaksanakan Persit KCK Cabang Kodim Indramayu.

Kegiatan diharapkan menjadi pendorong seluruh anggota di jajaran Kodim 0616 Indramayu, untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih di lingkungan keluarga.

“Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi seluruh anggota untuk selalu menerapkan pola yang sama. Selain terwujudnya keluarga serta pribadi yang sehat, tentunya akan bisa menambah penghasilan bagi keluarga dari pemanfaatan lahan pekarangan yang sempit,”  tegasnya. (kom/adv)