Sumber Kota Transit yang Terlewati, Dishub Kabupaten Cirebon Segera Gandeng Perusahaan Otobus

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon Drs Abraham Mohamad MSi
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon Drs Abraham Mohamad MSi

CIREBON-Transportasi antar kota yang transit dan membuka rute di Kabupaten Cirebon sangat minim. Sehingga hanya diramaikan angkutan umum lokal. Karena itu, Dishub menginginkan agar perusahaan otobus bisa lebih banyak membuka rute dan transit di Kabupaten Cirebon.

“Sesuatu yang sifatnya inovatif itu perlu tantangan, kami akan mencoba. Karena Sumber ini kota mati. Bagaimana caranya supaya Sumber itu bisa hidup,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon Drs Abraham Mohamad MSi kepada Radar Cirebon.

Pihaknya mencoba meminta kepada perusahaan-perusahaan otobus untuk bisa membuka rute jurusan dari dan ke Kabupaten Cirebon. “Maka dari itu, kami menarik investor khususnya transportasi masal untuk masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah,” tuturnya.

Tidak hanya untuk wilayah Sumber saja, namun juga untuk wilayah timur dan barat Kabupaten Cirebon bisa ada rute jurusan tersendiri. “Kami akan coba juga untuk wilayah Ciledug khususnya dan semua wilayah timur, supaya tidak ada ketimpangan,” ungkapnya.

Tentu dengan adanya bus yang membuka rute jurusan khusus Kabupaten Cirebon, tidak akan berbenturan dengan trayek elf yang ada. Karena bus tentunya trayek antar kota. “Izin trayeknya akan seperi elf. Ada pasarnya masing-masing, elf-elf bus ya bus,” jelasnya.

Saat ini, menurut Abraham, sudah ada bus yang mulai membuka rute dari serta ke Kabupaten Cirebon. “Kita alhamdulillah sudah ada yang buka trayek dari dan ke Kabupaten Cirebon. Yakni dengan jurusan Sumber-Cikarang. Dan alhamdulillah penumpang cukup banyak,” ungkapnya. (den)