Sungai Cikeruh Mulai Kering

sungai-cikeruh
Sungai Cikeruh yang melintasi wilayah Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka mulai mengering. Foto: Ono Cahyono/Radar Majalengka

SUNGAI Cikeruh yang melintasi wilayah Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka mulai mengering. Sejatinya air sungai tersebut sering dimanfaatkan masyarakat khususnya petani untuk mengairi sawah.

Salah seorang petani di blok Puteran Barat Desa Ligung Lor, Taryan mengatakan, sebagian masyarakat di wilayah kecamatan Ligung di antaranya desa Ligung, Bantarwaru, Ligung Lor selalu memanfaatkan aliran sungai Cikeruh untuk menyirami tanamannya.

“Tetapi sekarang kondisi debit airnya sudah mulai berkurang. Petani di sini sangat tergantung pada aliran sungai Cikeruh ini. Kami berharap tidak sampai kering total,” harapnya, kemarin (10/7).

Dirinya berharap di daerah hulu sungai turun hujan sehingga debit air Cikeruh dapat meningkat dan kebutuhan air bisa terpenuhi hingga beberapa bulan kedepan.

“Kalau hujan di hulu sungai turun maka bisa meningkatkan debit air sampai ke sini,” tuturnya.

Kepala Desa Ligung Lor Ade Suntana mengakui hingga saat ini, wilayahnya Ligung Lor mulai terdampak kekeringan. Sebagian besar petani mulai memanfaatkan aliran sungai Sindupraja yang sumber irigasinya dari Bendung Rentang, Desa Panongan, Kecamatan Jatitujuh.

“Petani di wilayah kami terbilang masih aman karena memanfaatkan pompa air melalui sungai Cikeruh ini. Tetapi kalau kondisinya mengering tentu khawatir karena musim panen masih diprediksi satu bulan lebih. Mudah mudahan masih bertahan,” imbuhnya. (ono)