Taekwondo Kota Cirebon Tuntaskan 19 Tahun Penantian Emas

Porda Jabar 2018

Sport
TAEKWONDO-KOTA-CIREBON-EMASSEJARAH BARU: Atlet taekwondo Kota Cirebon, Syifa Indah Syafira naik di podium satu setelah berhasil meraih medali emas kelas +75 kg putri. FOTO: TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBON

TAEKWONDO Indonesia (TI) Kota Cirebon memenuhi ambisinya kemarin (11/10). Lewat penampilan mengesankan, Syifa Indah Syafira di kelas +73 kg putri, TI berhasil meraih medali emas di Porda Jabar XIII/2018.

Penantian 19 tahun TI Kota Udang pun berakhir sudah. Sebelum Syifa pecah telor, kemarin, TI terakhir meraih emas Porda pada tahun 1999. Uniknya, emas 19 tahun lalu itu pun diraih di Kabupaten Bogor. Suwiriyadi yang jadi aktor utamanya.

Bertanding di kelas -58 kg putra, pria yang kini menjadi Kepala Pelatih TI Kota Cirebon itu mengalahkan wakil Kota Bandung, Kurniawan di partai final dengan skor 12-4. Tahun prestasi tertinggi kembali ditorehkan di Kabupaten Bogor. “Ini peristiwa yang sangat bersejarah bagi kami,” kata Suwiriyadi kemarin.

Syifa merebut medali emas setelah menumbangkan wakil tuan rumah Kabupaten Bogor, Fahira Febriana Di Hall IPC Pendulem, Gadog, Kabupaten Bogor. Taekwondoin putri jebolan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Jawa Barat itu menundukan Fahira dengan skor, 14-10.

Syifa yang sudah jadi andalan Kota Cirebon dan Jawa Barat di kelas pelajar mengaku tidak menyangka bisa meraih medali emas. “Saya memang ditargetkan emas. Tapi saat bertanding saya tidak memikirkan target,” katanya.

“Di samping itu, lawan juga kuat. Jadi saya nothing to lose. Dan, alhamdulillah, apa yang dicita-citakan saya dan pelatih akhirnya berhasil dicapai,” imbuh Syifa.

Sejauh ini TI sudah menyumbangkan 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu bagi kontingen Kota Udang. Hari ini dua taekwondoin andalan mereka akan diturunkan. Yaitu M Alfin Febriana (-63 kg putra) dan Diva Aprianti (-46 kg putri). “Mohon doanya, mudah-mudahan kita bisa tambah medali emas,” ujar Ketua Umum TI Kota Cirebon, Estu Niana Syamia. (ttr)