Tahun Ini Festival Jagakali Bertajuk Cinta Sejati

Panitia di lokasi yang akan menjadi tempat pelaksanaan Jagakali Art Festival, Jumat (27/9).FOTO:OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Jagakali Internasional Art Festival akan kembali digelar. Tahun ini Jagakali Internasional Art Festival mengusung tema “Cinta Sejati”. Pertunjukan seni dari 13 negara juga rencananya akan dipentaskan.

Ketua Pelaksana Jagakali Internasional Art Festival, Zainal Abidin (21) mengungkapkan, setiap tahun, pelaksanaanya Festival Jagakali selalu menggunakan tema yang berbeda beda. Tahun ini, panitia memilih tema cinta sejati, karena terinspirasi Maqom Al Mahabbah atau kedudukan cinta yang mempunyai kedudukan spiritual tertinggi yang dinisbatkan pada cinta pada yang maha pencipta.

“Kenapa kedudukan cinta ilahiyat ini berada di tertinggi, karena itu menjadi asal usul dan tuan dari segala yang berwujud. Ini barangkali yang menjadi inspirasi Festival Jagakali tahun ini,” kata Zainal, kepada Radar Cirebon.

Pada tahun ini, Jagakali juga tidak lagi digelar di Kali Pacit. Namun di daerah Cadasngampar Di kelurahan Argasunya, 25-27 Oktober 2019 mendatang. Sebelum itu, Jagakali juga akan diisi dengan berbagai event lain seperti workshop dan juga lomba.

Beberapa kegiatan rencananya akan digelar. Mulai dari workshop seni instalasi, workshop desain komunikasi visual (DKV), workshop kuliner, workshop lingkungan hidup, workshop menulis hingga pemasangan pemanen air hujan.

Workshop yang akan terselenggara disuguhkan kepada masyarakat umum. Lebih jauh diharapkan, melalui pelatihan-pelatihan, warga dapat lebih menekuni, mengembangkan dan mempraktekan materi yang didapat. Sehingga mereka dapat beralih mata pencarian, selain sebagai tukang gali pasir atau mengolah sampah.

Workshop tersebut akan dilakukan pekan ini dan berakhir hingga pelaksanaan Jagakali Art Festival dilakukan. “Jadi warga tidak hanya memanfaatkan sumber daya alamnya saja. Tetapi sumber daya manusianya juga akan berkembang,” tandasnya. (awr)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait