Taman Cisantana Kuningan Jadi Idola Wisatawan

Tak Bosan-bosan Melihat Keindahan Kuningan dari Ketinggian

Tampak suasana Taman Cisantana yang ramai dikunjungi ribuan warga, di antaranya para perantau yang sedang mudik. FOTO:MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN
Tampak suasana Taman Cisantana yang ramai dikunjungi ribuan warga, di antaranya para perantau yang sedang mudik.FOTO:MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Meski nuansa Lebaran Idul Fitri 1440 H sudah terlewati lebih dari sepekan, namun warga tetap haus berwisata di Kabupaten Kuningan. Salah satunya Taman Cisantana Cigugur yang masih dipadati pengunjung, termasuk beberapa di antaranya para pemudik yang masih berada di kampung halaman.

Pantauan Radar Kuningan, masih cukup banyak pengunjung yang mendatangi Taman Cisantana yang berada di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan untuk menikmati panorama alam kaki Gunung Ciremai itu. Tak jarang di antara mereka yang berkunjung mengaku sudah beberapa kali sejak liburan Lebaran tahun ini datang ke Taman Cisantana.

Dini Sucianti (28), salah satu pengunjung asal Jalaksana datang ke Taman Cisantana bersama sejumlah anggota keluarganya. Ia mengaku sudah beberapa kali berkunjung ke Taman Cisantana, termasuk di saat liburan Lebaran kemarin. “Saya sudah beberapa kali ke sini (Taman Cisantana, red). Waktu awal saya main ke Taman Cisantana, setahu saya di Cigugur itu wisata alamnya Palutungan aja, eh ternyata banyak juga. Sekarang ternyata ada Taman Cisantana juga. Ada bukit juga yang cantik untuk difoto,” ujar Dini.

Dari Taman Cisantana ini, Dini mengatakan wisatawan bisa memandang keindahan Kuningan kota dari ketinggian. Ada pula bukit dengan ujungnya menyerupai perahu yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto ria. Bukit tersebut merupakan bekas bebatuan yang disulap menjadi tempat wisata. Bersama suami dan anaknya, Dini pun banyak memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto.“Kuningan memang indah ya. Ada tempat wisata alam seperti Taman Cisantana ini, kita senang banget bisa main ke sini,” tutur Dini.

Hal senada disampaikan Dede (37). Pria asal Garawangi ini juga memuji keindahan alam Kuningan. Sebagai perantau di Jakarta, ia pun mengatakan Taman Cisantana cukup eksotis untuk dinikmati saat libur panjang seperti saat ini. “Saya sudah tiga kali ke Taman Cisantana. Kalau liburan Lebaran ini sudah jadi keharusan saya dan istri untuk membawa anak-anak ke tempat wisata di Kuningan. Anak-anak juga kelihatan senang sekali bisa bermain di Taman Cisantana,” katanya.

Sementara itu, keramaian di jalur wisata Cigugur masih terus terjadi pada H + 5 Idul Fitri. Cukup banyak kendaraan baik roda empat dan dua naik ke wilayah Cigugur menuju sejumlah tempat wisata di sana. Sesekali laju kendaraan sempat tersendat di beberapa ruas jalan menuju Cigugur. Namun hal itu tidak separah yang terjadi beberapa hari lalu, seperti pada H+1 hingga H+4 Lebaran. (muh)