Terima Gaji Rp 124 Miliar di Juventus

Matthias de Light
Matthijs de Ligt tiba di Turin untuk tanda tangan kontrak bersama Juventus. FOTO: TWITTER.COM

TURIN – Drama kepindahan bintang Ajax Amsterdam, Mattijs De Ligt ke Juventus, akhirnya selesai. Sang pemain akhirnya mendarat di Turin dengan transfer 70 juta Euro atau sekitar Rp 1,1 triliun ditambah bonus 5 juta Euro.

Dengan bergabungnya De Ligt, maka Juventus siap menantang semua klub terkuat seantero Eropa. Mereka berharap, Juventus tak hanya meraih gelar Scudetto, namun juga gelar lainnya. Yang utama adalah Liga Champions, yang selama ini mereka incar.

Tugas manajemen Juve untuk mendatangkan pemain andal sudah selesai. Kini tinggal pelatih Maurizio Sarri untuk meramu bahan yang dimiliki untuk membentuk barisan pertahanan yang mematikan bagi penyerang lawan. Diperlukan waktu dan kesabaran untuk menumbuhkan harmoni antara De Ligt yang baru berusia 19 tahun itu dengan bek yang senior seperti Leonardo Bonucci serta Giorgio Chiellini.

Chiellini selama ini dikenal sebagai pemain yang sangat karismatik di dalam dan luar lapangan. Sedangkan Bonucci memiliki fisik tinggi tegap yang menunjang kemampuan duel di udara, serta akurasi dalam operan. Sementara De Ligt, cerdas dari segi taktik dan dapat mengantisipasi manuver penyerang lawan.

Kelemahan De Ligt hanya satu, dia masih kurang dari sisi akselerasi. Kombinasi kekuatan ketiga bek itu akan menjamin superioritas lini belakang Juve yang selama ini dirasakan masih cukup lemah.

Sky Sports melaporkan, keputusan Direktur Olahraga Fabio Paratici mengakuisisi De Ligt bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sekarang. Mereka memikirkan peremajaan. De Ligt yang berkebangsaan Belanda, diproyeksikan menjadi pemimpin pertahanan masa depan ketika Bonucci dan Chiellini pergi.

Selain ketiga pemain tersebut, sejatinya Juventus juga masih memiliki Daniele Rugani yang selama ini disia-siakan oleh Massimiliano Allegri. Nah, dengan masuknya Sarri yang juga pernah menjadi pelatihnya di Empoli FC, Rugani kembali memiliki harapan untuk menjadi andalan di barisan pertahanan.

Di Juventus, De Ligt akan menandatangani kontrak lima tahun. Klausul rilis sebesar 150 juta Euro atau sekitar Rp 2,4 triliun tidak akan berlaku hingga Juni 2022. Yang jelas, kesepakatan antara Juventus dan Ajax adalah senilai 75 juta Euro atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Namun di luar itu, ada elemen baru dalam kontrak lima tahun. De Ligt menginginkan klausul rilis disertakan, tetapi itu tidak akan berlaku untuk dua tahun pertama. Klausul ini dimulai di angka 150 juta Euro pada Juni 2022. Tetapi kemudian akan naik setiap tahun untuk memastikannya sesuai dengan nilai transfernya saat dia mendapatkan pengalaman.

Selama berseragam Juventus, De Ligt akan menerima gaji sebesar 8 juta Euro atau sekira Rp 124 miliar ditambah bonus 4 juta Euro Rp 62 miliar per tahun. (mid)

Berita Terkait