Terkena Bom Delman di Tanjakan Pasar Kepuh, Pemotor Tewas

laka-delman
Tati Sunawati (49) warga Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan dengan delman di tanjakan Pasar Kepuh, Kuningan, Senin (7/1). Foto: M Taufik/Radar Kuningan.

KUNINGAN – Sebuah kecelakaan melibatkan delman dan dua motor terjadi di tanjakan jalan menuju Pasar Kepuh, Kabupaten Kuningan. AKibat kecelakaan tersebut, seorang pemotor tewas dan seorang lainnya mengalami luka serius pada bagian kepala, Selasa (8/1) siang.

Informasi dihimpun, kecelakaan maut yang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB tersebut bermula saat delman melaju kencang dari arah selatan menghantam dua pemotor yang melaju dari arah sebaliknya.

Kedua pemotor tersebut bernama Tati Sunawati (49) warga Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede meninggal dunia dengan luka serius di bagian kepala. Korban lainnya, pemotor bernama Oman Sarohman (54) warga Kelurahan Citangtu, Kecamatan Kuningan, mengalami luka serius juga di kepala hingga harus menjalani perawatan di RSUD ’45 Kuningan.

“Biasa kalau akan melintasi tanjakan kusir delman memacu kudanya dengan kencang. Sepertinya posisi delman terlalu tengah, sehingga bom kayu penyangga kuda sebelah kanan menghajar dua pengendara motor yang melaju di sisi kanan. Sehingga keduanya langsung terjatuh,” ungkap Suherman, salah satu petugas parkir di lokasi kejadian yang menyaksikan kecelakaan tersebut.

Kejadian tersebut langsung mendapat penanganan warga sekitar Pasar Kepuh yang segera membawa kedua korban ke RSUD ’45 menggunakan mobil bak terbuka yang melintas. Kecelakaan itu kemudian mendapat penanganan seorang petugas polantas yang tengah berjaga di Pos Citamba. Petugas mengamankan dua motor milik korban berikut delman dan kusirnya.

“Korban yang perempuan saat diperiksa denyut nadinya sudah tidak ada. Sedangkan korban yang laki-laki masih bernapas. Langsung keduanya dibawa ke rumah sakit menggunakan bak terbuka,” ungkap Herman.

Benar saja, dokter jaga IGD RSUD ’45 Kuningan menyatakan korban wanita bertubuh besar yang sempat tak dikenali karena tidak ditemukan kartu identitas tersebut sudah meninggal dunia. Korban  langsung dibawa ke kamar mayat. Sementara korban atas nama Oman yang kemudian sadar dan muntah-muntah langsung dimasukkan ke ruang rontgent.

Kecelakaan maut antara delman dan dua pemotor tersebut pun kemudian mendapat penanganan petugas Unit Laka Polres Kuningan yang langsung melakukan olah TKP dan memeriksa kondisi korban. Dari hasil penelusuran petugas, akhirnya diperoleh data korban tewas bernama Tati Sunawati (49) warga Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede.

“Kami sudah menghubungi keluarga korban mengabarkan kabar duka tersebut. Selanjutnya, korban kami serahkan untuk kemudian diurus pemakamannya,” ungkap Kanit Laka Polres Kuningan Ipda Sukma saat memeriksa korban RSUD ’45 Kuningan.

Atas kejadian tersebut, Sukma mengatakan, masih mendalami kasusnya dan memeriksa saksi termasuk kusir delman di Mapolres Kuningan. “Kusir delman masih di bawah umur dan masih dalam pemeriksaan kami. Untuk sementara kami belum bisa memberikan keterangan lebih banyak karena kecelakaan ini masih kami dalami,” ungkap Sukma singkat. (fik)