Tetap Bawa Raphael Maitimo

Foto: charlie lopulua/jawa posOPTIMIS. Raphael Maitimo diajak ke Malaysia dan tetap optimis bisa memperkuat Timnas di Piala AFF 2012 meski paspor WNI-nya belum keluar.
Foto: charlie lopulua/jawa pos
OPTIMIS. Raphael Maitimo diajak ke Malaysia dan tetap optimis bisa memperkuat Timnas di Piala AFF 2012 meski paspor WNI-nya belum keluar.

MANAJEMEN Timnas merevisi kebijakan untuk tidak membawa Raphael Maitimo ke Malaysia. Pemain kelahiran Belanda itu ternyata tetap dibawa dalam rombongan Timnas ysng bertolak ke negeri Jiran, kemarin (21/11).

Menurut manajer Timnas Habil Marathi, langkah ini sengaja diambil agar dia tetap bisa bersama tim. karena optimisme yang tinggi bahwa paspor warga negara Indonesia (WNI) pemain 28 tahun tersebut akan selesai sebelum pengumuman tim inti, 24 November mendatang.

“Dia tetap dibawa. Agar bisa bersama dengan tim, kami yakin paspornya bisa selsai dan dia akan memperkuat tim,” ujarnya.

Dengan membawa serta pemain klub VV Capelle tersebut, lanjut Habil, akan bisa memaksimalkan kemampuannya sehingga mudah beradaptasi. Sebab, jika ditinggal di Indonesia dan ternyata status ke-WNI-annya selesai dalam waktu cepat, maka perkembangannya tak terpantau.

“Kalau ikut ke Malaysia kan bisa berlatih dengan tim. Kami berharap paspornya juga selesai, dia bisa tetap berkontribusi,” tandasnya.

Penyataan sang Manajer juga diamini pelatih Timnas, Nilmaizar. Dia membenarkan bahwa Maitimo tetap berangkat agar bisa mengikuti latihan di Malaysia.

“Saat dirinya diambil sumpah untuk pengesahan paspor, nanti dia (Raphael) akan pulang pergi Malaysia-Indonesia,” terang Nil saat dikonfirmasi via BBM, setelah tiba di Malaysia.

Dengan kepastian sikap pelatih dan manajemen Timnas ini, persaingan di lini tengah skuad Garuda masih akan berlanjut. Pasalnya, Raphael hampir pasti akan mengisi salah satu slot di lini tengah Timnas. Namun, bisa jadi lini belakang juga menjadi opsi pencoretan karena ada penggawa lini tengah yang bisa memainkan posisi di lini belakang.

Sebanyak 22 skuad inti di kubu Timnas. Itu jika Paspor Raphael keluar dan baru akan diumumkan pada 24 November mendatang atau sehari sebelum laga kontra Laos dimulai. Siapakah talenta lokal yang akan menjadi korban masuknya pemain  Naturalisasi? Kita lihat pada sebelum manager meeting.(aam)

Berita Terkait