Teuns Rebut Etape, Ciccone Rampas Yellow Jersey

Italy's Giulio Ciccone celebrates with the overall leader's yellow jersey on the podium, at the end of the sixth stage of the Tour de France cycling race over 160 kilometers (100 miles) with start in Mulhouse and finish in La Planche des Belles Filles, France, Thursday, July 11, 2019. (AP Photo/Christophe Ena)

BELFORT – Ngeri! Begitu mengerikannya ending Etape 6 Tour de France 2019, Kamis (11/7). Tanjakan La Planche Des Belles Filles di penghujung etape sejauh 160,5 kilometer itu, benar-benar menyakitkan.

Para pembalap harus benar-benar mengerahkan segala kekuatan untuk mencapai garis finis, yang terletak di kemiringan 21 persen. Bahkan, beberapa meter sebelumnya kemiringan mencapai 24 persen. Kejam!

Di etape gunung pertama Tour de France 2019 ini, pembalap Bahrain-Merida, Dylan Teuns, berhasil merebut kemenangan. Dia mengalahkan rekan breakaway, Giulio Ciccone (Trek-Segafredo), sejauh hanya 11 detik. Xandro Meurisse (Wanty-Gobert) finis di urutan ketiga, satu menit di belakang.

Di belakang lagi, para unggulan bekerja keras mengejar. Pada akhirnya, juara bertahan, Geraint Thomas (Team Ineos) memimpin rombongan ini, finis 1 menit dan 44 detik di belakang pemenang.

Italy’s Giulio Ciccone celebrates with the overall leader’s yellow jersey on the podium, at the end of the sixth stage of the Tour de France cycling race over 160 kilometers (100 miles) with start in Mulhouse and finish in La Planche des Belles Filles, France, Thursday, July 11, 2019. (AP Photo/Christophe Ena)

Diikuti Thibaut Pinot (Groupama-FDJ) dan pemakai yellow jersey, Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep).

Dengan urutan ini, terjadi pergeseran besar di urutan general classification (GC). Walau gagal memenangi etape, di urutan kedua Ciccone mendapat bonus waktu enam detik. Dan itu cukup untuk memberinya yellow jersey, merampasnya dari badan Alaphilippe.

Ini sebuah pencapaian luar biasa, mengingat ini adalah kali pertama Ciccone ikut Tour de France. Pada Giro d’Italia, Mei lalu, Ciccone adalah pemenang King of the Mountain, dan di Prancis ini seharusnya dia menjadi “pembantu” kapten timnya, Richie Porte.

Dan, di usia 24 tahun, Ciccone sekarang juga memimpin klasemen pembalap muda terbaik. Jadi, andai kehilangan yellow jersey di hari-hari ke depan, dia masih memiliki white jersey (putih) sebagai pembalap muda terdepan.

Sementara itu, bagi Bahrain-Merida, ini juga menjadi kemenangan pertama tim di Tour de France. Bagaimana pun juga, kemenangan pertama di lomba terbesar tentu sangat berkesan.

Setelah Etape 6 yang mendebarkan sejauh 160,5 kilometer ini, para pemburu GC diberi kesempatan untuk bernapas sehari. Etape 7, Jumat ini (12/7), adalah etape datar.

Jarak antara Belfort menuju Chalon-Sur-Saone memang jauh, 230 kilometer, tapi etape ini seharusnya akan berakhir dengan adu sprint.

Ciccone hanya perlu finis aman di peloton untuk mengamankan yellow jersey selama minimal sehari lagi. (*)