The Gunners Lolos ke Perempat Final Berkat Kerja Keras

Pierre-Emerick Aubameyang memakai topeng King Panther usai mencetak gol. FOTO: Alastair Grant/AP
Pierre-Emerick Aubameyang memakai topeng King Panther usai mencetak gol.FOTO: Alastair Grant/AP

LONDON – Arsenal berjuang keras demi tiket perempat final Liga Europa musim ini. Pada pertandingan leg kedua babak 16 besar melawan Rennes, Jumat (15/3) dini hari WIB, The Gunners –julukan Arsenal- menang 3-0 di Emirates Stadium. Hasil ini membuat agregat kedua tim adalah 4-3, untuk Arsenal.
Pierre-Emerick Aubameyang mencetak brace (dua gol). Sedangkan 1 gol dicetak Ainsley Maitland-Niles. Arsenal yang kalah 1-3 di leg pertama, harus menang lebih dari atau 3 gol. Melawan Rennes, 15 menit pertama laga menjadi milik Arsenal sepenuhnya. Mereka mencetak dua gol untuk menyamakan agregat, dimulai dari aksi Aubameyang yang menjulurkan kaki menyambut umpan silang datar Aaron Ramsey pada menit kelima.
Lalu, 10 menit berselang, giliran Maitland-Niles yang membobol gawang Tomas Koubek, kiper Rennes. Ramsey mengirim bola yang seakan untuk Sead Kolasinac, tetapi ternyata diambil Aubameyang. Mantan penyerang Borussia Dortmund itu mengirim umpan silang yang ditanduk oleh Maitland-Niles dengan mudah. Unggul 2 gol bertahan hingga turun minum.
Di babak kedua, Arsenal menghadapi gempuran Rennes. Pada menit ke-47, tembakan Ismaila Sarr yang mengenai Shkodran Mustafi, membentur tiang gawang. Sementara itu, berselang 14 menit, sekali lagi Sarr mengancam, tetapi ada tackle bersih Kolasinac.
Arsenal benar-benardigempur habis-habisan. Namun, pada menit ke-72 Aubameyang beraksi. Penyerang Timnas Gabos itu menuntaskan umpan silang Kolasinac, dan merayakan golnya itu dengan memakai topeng Black Panther.
Rennes akhirnya gagal mempertahankan keunggulan di leg pertama. Padahal, mereka meningkatkan intensitas serangan di leg kedua di kandang Arsenal. Tuan rumah menang penguasaan bola hingga 55,8 persen dan mengirim 12 tembakan, 4 di antaranya tepat sasaran. (mid)