Tidak Punya Biaya, Penderita Tumor Berobat Lagi, Kini Dibantu Muspika

Muhammad Sigit Maulana (3) anak ketiga pasangan Abdul Roup (45) dan Kaniri (42), warga Blok Kisabur, Desa Gintung Ranjeng, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon siap kembali berobat. FOTO:ADE GUSTIANA/RADAR CIREBON
Muhammad Sigit Maulana (3) anak ketiga pasangan Abdul Roup (45) dan Kaniri (42), warga Blok Kisabur, Desa Gintung Ranjeng, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon siap kembali berobat.FOTO:ADE GUSTIANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Muhammad Sigit Maulana (3), anak ketiga pasangan Abdul Roup (45) dan Kaniri (42), warga Blok Kisabur, Desa Gintung Ranjeng, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon sedang berjuang menahan rasa sakit. Itu karena ganasnya tumor yang menyerang bola mata kanannya.

Kondisi tersebut sudah dirasakan bocah malang itu sejak masa kelahirannya. Saat usianya 3 bulan, Sigit pernah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung. Meski sempat membaik, seiring berjalannya waktu, benjolan di matanya kembali terlihat. Bahkan semakin membesar.

Keterbatasan biaya, membuat kedua orang tua Sigit, memasrahkan keadaan yang diderita. Karena tidak lagi mampu membayar iuran bulanan, BPJS yang biasa digunakan untuk meringankan biaya pengobatan, sudah tidak dapat lagi digunakan. “Kerja bangunan, penghasilan kadang ada, sering juga nggak. Namanya kerja bangunan, nggak menentu, tergantung panggilan,” cerita Abdul Roup, ayah Sigit.

Mengetahui kondisi warganya, Muspika Kecamatan Ciwaringin yang dipimpin Camat Ciwaringin Bambang Sudaryanto berencana membawa bocah malang itu kembali mendapat perawatan di Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung. Kabar itu tentu membuat keluarga tersebut lega. Rasa syukur dan terima kasih terucap dari mulut mereka. “Alhamdulillah, terima Kasih. Rombongan Kecamatan Ciwaringin datang dan melakukan pengurusan surat-surat untuk dibawa ke RS Cicendo, Bandung,” ucap Roup di rumahnya.

Tunggakan BPJS yang terus berjalan karena iuran yang sudah tidak lagi dibayarkan, ikut dilunasi oleh camat. Jumlahnya Rp1,8 juta. “Sekarang BPJS sudah aktif lagi. Bapak Camat yang membayar. Bapak Kapolsek Ciwaringin dan Pak Danramil, juga turut memberikan santunan kepada saya. Alhamdulillah, saya ucapkan banyak terima kasih,” jelas Roup.

Sementara itu, Bambang Sudaryanto mengaku begitu prihatin akan kondisi yang dialami salah satu warganya. Dia juga berdoa untuk kesembuhan balita tersebut dan berharap kedua orang tua Sigit diberi kekuatan dan ketabahan menjalani hari-hari di masa sulitnya.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi kejadian serupa dialami oleh warga. Jika terdapat permasalahan, khususnya di Kecamatan Ciwaringin, mari sama-sama saling terbuka berkoordinasi dengan desa atau pihak terkait untuk sama-sama mencarikan solusi. Semoga Muhammad Sigit Maulana diberi kesehatan dan dapat kembali menikmati hari-hari layaknya anak-anak lain pada umumnya,” harap Bambang. (ade)