Tiket Kereta Lebaran Terjual 59%, H-5 sampai H-1 Sudah Habis

tiket-kereta
Ilustrasi tiket kereta api

JAKARTA-Tiga pekan menjelang Lebaran 2019, tiket kereta api (KA) yang sudah terjual sejauh ini mencapai 59%. Di antaranya, tiket kereta keberangkatan yang sudah ludes terjual adalah dari H-5 sampai H-1 Lebaran.

“Tiket habis untuk H-1 sampai H-5,” kata Dirut PT KAI (Persero) Edi Sukmoro di Jakarta.

Sampai saat ini, tiket yang masih tersedia adalah untuk keberangkatan H-10 sampai H-6. Untuk mengangkut calon penumpang kereta, KAI sudah mengalokasi 50 kereta tambahan. “H-6, H-7, H-8, H-9, H-10 kemungkinan masih banyak seat (kursi),” ujar dia.

Sejauh ini, kata Edi, tiket Lebaran yang terjual sudah mencapai 59%. Dan, ini akan terus berjalan seiring Lebaran semakin dekat. Kepada calon penumpang kereta, Edi meminta tak perlu berkecil hati kehabisan tiket. Sebab menjelang Lebaran ada saja yang membatalkan perjalanan, sehingga memiliki kesempatan bagi yang sedang berburu tiket.

Lebih lanjut Edi menyebutkan, sejak H-60 Lebaran kereta tambahan sudah digelontorkan KAI. Jadi tidak akan ada lagi tambahan kereta menjelang Lebaran ini. “Tiket tambahan sudah dijual H-60. Itu adalah 50 perjalanan kereta api. Totalnya sudah kita hitung semuanya,” tutur Edi.

Menurut Edi, kereta tidak seperti pesawat terbang jika terjadi kekurangan bisa sewa dari negara lain. Tetapi bagi kereta tidak sewa dari luar negeri. “Jadi armada yang sudah kami kerahkan seumua ini sudah habis,” lanjut Edi.

Diakui memang masih ada kereta. Tetapi kereta tersebut disiapkan untuk cadangan. “Harus ada cadangan, kan kalau ada apa-apa kasihan,” katanya. (din/fin)