Tikus-Tikus Serbu Minimarket

Beberapa tikus berjalan di rak dan lemari pendingin FamilyMart di Shibuya (Foto: Twitter)

MINIMARKET FamilyMart di Shibuya, Tokyo, menjadi sorotan setelah video yang menayangkan beberapa tikus muncul di toko serba ada itu beredar di media sosial dan menjadi viral.

Klip video yang diunggah di YouTube dan Twitter memperlihatkan sedikitnya ada enam ekor tikus berekor panjang. Mereka terlihat turun dari rak makanan yang penuh dengan nasi kepal (onigiri) dan makanan bekal (bento) lalu tikus-tikus itu berjalan di lorong.

Tampak, setidaknya enam tikus berjalan di lemari pendingin serta rak berisi onigiri dan makanan bento, sebelum masuk ke lorong.

Jepang dikenal dengan reputasinya sebagai negara yang mengutamakan kebersihan, apalagi di tempat-tempat yang menjual makanan dan minuman, termasuk minimarket.

Video beberapa tikus besar hilir mudik di lemari pendingin dan rak beredar di YouTube dan Twitter. Setelah video beredar, gerai FamilyMart itu ditutup.

Stasiun televisi NHK melaporkan, tayangan itu telah ditonton lebih dari 5 juta kali.

“Kami meminta maaf dengan sangat karena membuat Anda tidak nyaman dan gelisah. Kami sedang menangani kasus ini secara serius,” demikian pernyataan FamilyMart, seraya menambahkan mereka menutup gerai itu sejak Senin (5/8/2019) untuk penyelidikan.

Dilanjutkan, FamilyMart melakukan desinfeksi dan pencegahan serta akan memutuskan apakah perlu membuka kembali gerai tersebut, tentunya dengan mempertimbangkan lingkungan sekitar.

Perusahaan waralaba memastikan toko dimaksud berada di Shibuya, distrik yang dikenal dengan penyeberangan jalan ikonik yang selalu ramai.