TK Alam Alghifari MoU dengan BB Padi

KUNINGAN – TK Alam Alghifari Kuningan terus berlari untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di Kuningan. Jumat lalu (22/3), TK terpadu ini telah melakukan pendatanganan nota MoU dengan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) di Kebun Percontohan Kuningan Cigadung.

Acara tersebut dihadiri Kepala Kebun Percobaan Kuningan Idrus Hasmi SP beserta Staff, Kepala TK Alam Terpadu Alghifari Kuningan Chotimah SE selaku pihak pertama, Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian melalui Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Dr Ir Priatna Sasmita MSi selaku pihak kedua beserta Staff, dan Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Kuningan Abidin SPd MSi, beserta undangan lainnya.

Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Dr Ir Priatna Sasmita MSi menyampaikan rasa senangnya karena merupakan hal baru bekerja sama dengan lembaga usia dini, yakni TK. Biasanya selama ini bekerjasama dengan pemangku pengambil kebijakan, perusahaan asing, swasta maupun lainnya.

“Belum pernah sebelumnya mengadakan kerjasama dengan TK, namun baru kali ini kami MoU dengan TK Alam Terpadu Alghifari Kuningan,” kata Priatna.

Apa yang ada di Balai, lanjut Priatna, bisa dimanfaatkan untuk program TK yang sesuai. Tetapi dalam hal padi, pemanfaatan fasilitas dan hasil inovasi dan teknologi perpadian sebagai sarana pendukung pembelajaran anak di TK Alam Terpadu Alghifari.

“Hal itu bisa dimulai dari proses menanam, bagaimana cara memelihara, sampai saat memanen, tentang varietas padi dan lain sebagainya, yang tentu saja dalam penyampaian bahasanya disesuaikan dengan anak usia dini,” ujarnya

Sementara, Kepala TK Alam Terpadu Alghifari Chotimah SE mengaku sangat senang TK Alam Terpadu Alghifari Kuningan yang bisa bekerjasama dengan Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. Biasanya, TK Alam Alghifari bekerja sama di dalam kota saja, seperti dengan SKPD-SKPD yang ada di Kuningan.

“Yang terbaru kami bekerja sama dengan DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan), namun kali ini bekerjasama dengan yang di luar Kabupaten Kuningan. Maasyaa Allah, luar biasa, pengalaman baru. Semoga dengan kerjasama ini akan memberi kebaikan dan nilai positif bagi TK Alam Terpadu Alghifari Kuningan,” harapnya, Iim, panggilan Chotimah.

Pihaknya berharap, dengan adanya kerjasama tersebut bisa direalisasikan dan dimanfaatkan bagi program yang sesuai yang ada di TK Alam Terpadu Al-ghifari. (muh)