UAS Kunjungi Keraton Kacirebonan, Takjub dengan Sejarah Cirebon

UAS-KACIREBONAN
HANGAT: Sultan Kacirebonan IX PR Abdul Gani Natadiningrat SE menyambut hangat kedatangan UAS, membicarakan masalah perjuangan para wali dan sultan di Indonesia. Foto: Agus Rahmat/Radar Cirebon

CIREBON – Setelah menyambangi Pondok Pesantren Albahjah, Ustad Abdus Shomad (UAS) berkesempatan mengunjungi Keraton Kacirebonan. Sebelum bertemu kerabat keraton, UAS melaksanakan salat sunnah Tahiyatul Musala Tirta Sumirat Langgar Keramat.

Di Keraton Kacirebonan, UAS diterima langsung oleh PR Abdul Gani Natadiningrat SE Sultan Kacirebonan IX. Dalam sambutannya Abdul Gani menyampaikan sejarah Kota Cirebon sebagai Kota Wali. Dan menyebutkan, kesultanan di Cirebon pada masa perjuangan ikut serta melawan penjajah.

“Terima kasih pada UAS yang telah berkenan mampir. Semoga dakwahnya menjadikan iman dan Islam warga Cirebon menjadi kuat,” terangnya.

Sementara UAS mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dan akrab dari Keraton Kacirebonan. Kunjungannya kali ini yang utama adalah untuk silaturahmi. Juga bertemu dengan keturunan langsung dari salah satu wali di Jawa yakni Sunan Gunungjati.

Menurut UAS, sultan-sultan di Nusantara berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Dengan meninggalkan jabatannya sebagai raja. Dirinya sengaja berkeliling Indonesia untuk membangkitkan lagi semangat perjuangan itu.

“Semoga ini menjadi berkah dan bermanfaat bagi kita semua,” pungkasnya.

Rombongan UAS selain dikawal polisi, sejumlah anggota FPI dan Sahabat UAS juga turut mengawal selama perjalanan. Setelah ke Keraton Kacirebonan, UAS menuju Universitas Gunung Jati Cirebon. (gus)

Berita Terkait