Usai Puncak Haji, Silaturahmi ke Pemondokan Jamaah Asal Indramayu

jamaah-haji-indramayu
Bupati Indramayu Drs H Supendi MSi (tengah) foto bersama dengan jamaah haji asal Kabupaten Indramayu usai melaksanakan rukun haji, kemarin. Foto: Istimewa

Selesai melaksanakan rangkaian puncak ibadah haji, jamaah haji asal Kabupaten Indramayu saat ini harus memulihkan stamina untuk kembali ke tanah air. Mereka sebagian menyiapkan diri untuk menuju Madinah dan sebagian menunggu jadwal penerbangan.

Laporan: Drs H Supendi MSi, Mekkah

SEBELUM kembali ke tanah suci setelah melaksanakan puncak haji, Ketua KBIH Kepolo Singraja KH Syearozi Bilal dan Direktur Darul Falah Tour Ustad H Ahmad Munsit Abdulillah SH MM, mengagendakannya untuk melakukan silaturahmi ke masyarakat Indramayu yang sedang melakukan ibadah haji pada tahun 1440 H/2019.

Jamaah haji asal Kota Mangga terbagi dalam lima kloter meliputi kloter 41, 58, 71, 82, 94 JKS. Sedangkan, jumlah keseluruhan jamaah sebanyak 1.833 orang jamaah yang tersebar dari sejumlah kloter. Saya ingin melihat secara langsung para jamaah haji dimana mereka tinggal di pemondokan dengan diantar Binsus KBIH Kepolo Singaraja.

Pertama melakukan silaturahmi ke pemondokan jamaah dari hotel Tharawat Al Khalil dengan nomor 804, dilanjutkan ke nomor 801, 807, 812 dan terahir ke nomor pemondokan 703. Mayoritas jamaah haji asal Indramayu pasca pelaksanakan puncak ibadah haji di Arafah hingga ke Mina untuk lempar jumrah di Jamarot, mereka terlihat sehat meski staminnya terkuras saat puncak haji.

Jamaah haji asal Indramayu dari mulai berangkat hingga berada di tanah suci selalu kompak dan saling membantu. Kami merasa bangga dengan jamaah haji asal Indramayu. Saat puncak haji, kami sarankan kepada ketua kloter dan KBIH yang melakukan bimbingan khusus supaya tetap mengedepankan kesehatan jamaah haji.

Jamaah haji yang kondisi fisiknya tidak memungkinkan atau risiko tinggi atau risti supaya tidak dipaksanakan untuk ikut bersama jamaah dalam lempar jumrah. Yang penting wajib haji sudah dilaksanakan, dan ibadah lainnya bisa diwakilkan oleh ketua rombongan atau petugas haji.

Kami selalu berpesan kepada jamaah haji Indramayu untuk selalu menjaga kesehatan, kekompakan dan titip untuk selalu mendoakan Indramayu.

Semoga Indramayu semakin maju dan masyarakat nya semakin sejahtera serta terbebas dari segala musibah yang akan terjadi. Kami sangat bangga dengan jamaah haji Indramayu yang selalu meningkatkan ibadah dan memperbanyakan amalan saat melaksanakan puncak haji baik di Arafah hingga Mina selalu berdoa. Mudah-mudahan seluruh amabal ibadah haji kita diterima disisinya dan menjadi haji mabrur dan mabrurah.

Sementara Ketua Binsus KBIH Kepolo yang juga  ketua Dewan Dakwah Masjid Islamic Center KH Syairozi menyampaikan perihal wakaf kitab guna perpustakaan masjid Islamic Center karena masjid tersebut juga sebagai ikon Indramayu. Dia mendoakan semoga Indramayu semakin Remaja.

Jamaah haji asal Indramayu menyambut baik dengan silaturahmi yang dikakukan Bupati Indramayu, Supendi. Mereka merasa diperhatikan dan diberikan kesempatan untuk bisa Silaturahmi langsung dengan bupati Indramayu.

“Kami bangga memiliki bupati Indramayu yang dekat dengan rakyat. Beliau sangat perhatian dengan jamaah haji selama di tanah suci,” ungkap Syairozi. (*)

Berita Terkait