Ustad Abdul Somad Santap Nasi Jamblang dan Dapat Tasbih di Gunung Jati

Ustad Abdul Somad (UAS) saat di Kampus UGJ. FOTO: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON
Ustad Abdul Somad (UAS) saat di Kampus UGJ. FOTO: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Kunjungan ke Cirebon tampaknya membawa kesan mendalam bagi UAS. Ketika menyampaikan kuliah umum di Kampus I Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Jalan Pemuda, Kota Cirebon, UAS mengaku terkejut pertama kali menyantap nasi jamblang.

Dia terkejut karena nasi yang disediakan di daun jati itu sedikit. “Rupanya boleh nambah lagi nasinya,” ujar UAS membuat hadirin tertawa.

UAS mengatakan nasi jamblang punya keunikan. Yakni dibungkus dengan menggunakan daun jati. Karena dibungkus daun jati, katanya, membuat nasinya menjadi tahan lama. Tak sampai di situ, UAS juga mengapresiasi penghormatan warga Cirebon pada tamu.

Ini ditunjukkan saat ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati ia dipersilakan dengan menunjukkan jari dengan penuh rasa hormat. “Luar biasa warga Cirebon memberikan penghormatan ketika mempersilakan tamu,” kata UAS.

Dia juga mengaku mendapatkan cincin batu ali warna kuning ketika ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati. Tak hanya itu, ia diberikan tasbih yang terbuat dari kayu yang hanya tumbuh di sekitar Makam Gunung Jati. Ustad 42 tahun itu juga bercerita bahwa selama ceramah keliling Indonesia, baru kali ini di Cirebon ceramahnya dihadiri semua sultan. (abd)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait