Wagub Jabar Dukung TNI Terlibat dalam MPLS

BERI KETERANGAN: Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mendukung masuknya TNI saat MPLS tahun ajaran 2019/2020. FOTO: BIRO HUMAS DAN KEPROTOKOLERAN SETDA PEMPROV JABAR
BERI KETERANGAN: Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mendukung masuknya TNI saat MPLS tahun ajaran 2019/2020.FOTO: BIRO HUMAS DAN KEPROTOKOLERAN SETDA PEMPROV JABAR

CIMAHI – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menilai, keterlibatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme para siswa. Selain itu, dalam MPLS juga harus ada penguatan nilai-nilai kebangsaan, partriotisme, nasionalisme dan Pancasila.

“Harus kembali ada pemahaman tentang dasar Negara, yakni Pancasila. Kalau sama TNI, biasanya akan lebih efektif,” ucapnya di Kota Cimahi, kemarin (15/7).

Uu mengatakan bahwa keterlibatan TNI dalam MPLS juga efektif untuk melatih kedisiplinan siswa. Dia memastikan, dalam pelaksanaannya, TNI tidak menerapkan cara militer. “Rasa kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepedulian, akan tumbuh karena dilatih,” katanya.

Dia menyoroti perkembangan teknologi informasi saat ini, khususnya media sosial, yang dikhawatirkan dapat melunturkan nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme generasi muda. “Ini sangat penting. Karena saya khawatir anak muda sekarang tidak paham Pancasila. Yang tahu hanya medsos, sementara butir-butir Pancasila dan UUD ‘45 tidak diketahui oleh mereka,” ungkapnya.

Selain itu, kata Uu, keterlibatan TNI dalam MPLS dapat mengantisipasi masuknya paham radikalisme. “Justru, ada TNI menguatkan. Jangan sampai ada siswa yang dususupi paham radikalisme. Mudah-mudahan bisa diantisipasi oleh bantuan dari TNI,” pungkasnya. (jun)