Wakil Ketua DPRD Minta Masyarakat Kerja Sama Tangani Sampah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Hj Yuningsih. Foto: Dok/radarcirebon.com

CIREBON-DPRD Kabupaten Cirebon meminta agar masyarakat bisa bersama-sama membantu Dinas Lingkungan Hidup dalam penanganan sampah di Kabupaten Cirebon. Khususnya dalam pencarian lahan calon lokasi TPA. Sulitnya mencari lahan untuk lokasi TPA karena adanya penolakan warga setempat.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon  Hj Yuningsih MM kepada Radar Cirebon mengatakan pihaknya sangat kecewa karena tahun 2019 ini hanya bisa membebaskan satu lokasi calon TPA.  “Kita juga kecewa tahun kemarin (2017, red) sudah kita anggarkan. Tetapi lahan belum juga bisa dibebaskan untuk TPA. Tahun 2019 ini juga hanya satu lokasi yang dilanjutkan proses pembebasannya,” ujarnya.

Yuningsih mengungkapkan Kabupaten Cirebon minimal harus memiliki tiga TPA. “Untuk Kabupaten Cirebon yang wilayahnya cukup luas dengan penduduk yang banyak idealnya memiliki tiga TPA. Kita tidak bisa hanya miliki satu lokasi. Karena minimal per wilayah miliki satu TPA, Barat, tengah, serta timur,” tuturnya.

Pihaknya mengaku mencari lahan untuk calon lokasi TPA sangat sulit.  Untuk itu Yuningsih berharap warga bisa membantu DLHD dan DPKPP Kabupaten Cirebon untuk mempermudah pencarian lahan untuk TPA.

“Kita minta masyarakat bekerjasama dengan SKPD terkait. Kalau desanya dipilih menjadi lokasi TPA, dan memang sangat jauh dari perumahan warga dan dirasa aman, ya jangan ada penolakan. Namun jika lokasinya (TPA, red) memang dekat dengan perumahan warga silahkan menolak dan kita juga akan menolak,”ujarnya. (den)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait