Warga di Lereng Gunung Ciremai Diimbau Tetap Waspada

Heli water bombing mendarat tak jauh dari Pos Pendakian Palutungan. FOTO:M TAUFIK/RADAR KUNINGAN
Heli water bombing mendarat tak jauh dari Pos Pendakian Palutungan.FOTO:M TAUFIK/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN–Warga Kuningan dan sekitarnya yang berada tepat di bawah lereng Gunung Ciremai, diimbau tetap waspada terhadap dampak dari kebakaran ratusan hektare hutan Ciremai yang hingga kini belum juga padam.

Imbauan tersebut disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin kepada Radar Kuningan. Apalagi menurut Agus, saat ini masih dalam musim kemarau dengan hembusan angin kencang, sehingga kewaspadaan masyarakat patut lebih ditingkatkan guna mengantisipasi kebakaran, termasuk antisipasi dampak kebakaran Ciremai.

“Kami terus mengimbau masyarakat, terutama yang berada di sekitar Gunung Ciremai agar tetap waspada dan hati-hati di musim kemarau saat ini. Apalagi sekarang hutan di Gunung Ciremai sedang terbakar dan belum padam,” imbau Agus.

Menurut Agus, imbauan BPBD Kuningan terus disampaikan kepada masyarakat dan pihak terkait untuk bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan. Karena meskipun kebakaran hutan Ciremai berada di ketinggian yang berdekatan dengan puncak, namun kewaspadaan semua pihak harus tetap dijaga. “Kami terus mengingatkan agar berhati-hati dan tetap waspada, meskipun kebakaran lahan atau hutan Gunung Ciremai saat ini posisinya hampir mendekati puncak,” ujarnya lagi.

Pemkab Kuningan, kata Agus, telah mengambil langkah dan menurunkan petugas untuk menangani kebakaran hutan Ciremai. Pihaknya pun sangat berharap kebakaran besar hutan Gunung Ciremai tersebut tidak berdampak terhadap satwa-satwa yang berada di dalamnya.

“Mudah-mudahan apinya cepat padam dan tidak merambah ke bagian bawah, sehingga kebakaran ini tidak berdampak kepada satwa-satwa yang ada di hutan Ciremai. Kami terus berupaya keras agar api tidak semakin meluas dan merambah ke bawah,” tutur Agus.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang saat ini sedang bahu membahu menangani kebakaran di hutan Ciremai. Dengan kerja sama seluruh pihak melalui kerja kerasnya, dan atas doa semua, ia optimis api akan cepat tertangani.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bahu-membahu berupaya memadamkan api yang membakar kawasan hutan Gunung Ciremai. Terima kasih kepada BPBD, TNI, Polri, all crew Water Boombing BNPB, dan masyarakat. Semoga kebakaran segera bisa teratasi,” pungkas Agus seraya menyebut kecil kemungkinan satwa-satwa Ciremai akan turun gunung, mengingat kebakaran berada di posisi berdekatan dengan puncak. (muh)