Warga Tionghoa Sambut Tahun Babi Tanah, Bawa Kemakmuran dan Rasa Aman

KALENDER-SHIO
Ilustrasi. Foto: Pixabay.com

CIREBON- Tahun 2019, tepatnya setelah 5 Februari nanti, bagi masyarakat Tionghoa menjadi momen pergantian tahun yang selalu dinanti. Di tahun ini, jatuh pada tahun shio babi.

Bagi orang yang lahir di tahun shio babi akan mengabdikan dirinya pada tugas-tugas yang diembannya sungguh-sungguh dan berusaha sekuat tenaga. Hal tersebut dikatakan Ketua Majelis Agama Khonghucu Indonesia (Makin) Cirebon, Tedy Setiawan kepada Radar Cirebon. 

Lebih lanjut, dikatakan Tedy, di tahun babi ini memiliki iklim yang bagus untuk berbisnis yang umumnya merupakan bidang industri akan berkembang baik. Tahun ini, lanjutnya, juga menjadi tahun yang diwarnai dengan niat baik bagi semua orang.

“Berhubungan dengan sifat babi yang tidak banyak cingcong, orang akan lebih bebas dalam bersikap dan lebih santai secara keseluruhan,” ujarnya.

Namun, sambung Tedy, di balik pertanda baik ini, sifat babi yang cenderung ragu-ragu pada pendiriannya itu seringkali goyah dan terkadang memandang rendah kemampuan diri kita sendiri begitu kesempatan emas datang. “Tahun babi sangat bermurah hati dalam melimpahkan berkah dan kemakmuran,” ujarnya.

Untuk segi perekonomian, kata Tedy, di tahun babi ini harus lebih berhati-hati dalam berinvestasi serta jangan berlebihan dalam mengeluarkan uang atau menghambur-hamburkan uang. “Tahun babi membawa kemakmuran serta kepuasan dan rasa aman,” tandasnya.

Di tahun ini juga orang bisa bahagia tanpa harus punya uang. “Karena tahun babi ini memberi aura suasana batin manusia menjadi senang dan bahagia. Suasana batin manusia yang bahagia itu jangan sampai dinodai dengan perbuatan buruk dan jahat, pesta pora hura-hura dan menghamburkan kata-kata dan ucapan yang buruk dan segala hal yang tidak bermanfaat lainnya. Karena akan berbalik pada diri sendiri layaknya bumerang nantinya,” paparnya.

Tahun babi, sebutnya, banyak melimpahkan kesejahteraan, namun kebijakan soal keuangan tetap harus diperhatikan. Tahun ini juga akan membawa kepada keberkahan yang lebih daripada biasanya.

Untuk itu, Tedy menyarankan, agar menjalankan kebaikan dengan ketulusan hati membantu sesama dan manusia lainnya yang kurang beruntung nasibnya.

Di tahun babi ini shio yang akan ciong dengan tahun babi adalah shio ular. Sementara untuk shio yang dianggap paling baik harmonisasinya dengan tahun babi adalah tahun shio monyet. “Yang ciong shio ular dan yang paling baik shio monyet,” pungkasnya. (myg)