Wings Air Terbang Perdana Yogya-Kertajati Majalengka

Wings Air melakukan penerbangan perdana rute baru Yogyakarta-Majalengka, Jumat (11/1). FOTO:WINGS AIR FOR RADAR CIREBON
Wings Air melakukan penerbangan perdana rute baru Yogyakarta-Majalengka, Jumat (11/1). FOTO:WINGS AIR FOR RADAR CIREBON

MAJALENGKA-Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group melakukan penerbangan perdana rute baru Yogyakarta-Majalengka, Jumat (11/1). Rute baru tersebut sekaligus membuka potensi wisatawan berkunjung ke kawasan wilayah III Cirebon.

Yogyakarta yang dikenal dengan julukan ’Never Ending Asia’ banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun asing. Dengan adanya rute baru tersebut, diharapkan wisatawan juga dapat melanjutkan perjalanan ke Majalengka, Jawa Barat.

Wings Air rute Yogyakarta-Majalengka terbang dengan frekuensi satu kali setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Jadwal keberangkatan pada 12.20 WIB dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta (JOG) bernomor IW-1407.

Pesawat diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (KJT) pukul 13.30 WIB.  Untuk penerbangan kembali, Wings Air mengudara dari Kertajati pukul 13.50 WIB dengan nomor IW1406, kemudian waktu kedatangan di Yogyakarta dijadwalkan pada 15.00 WIB.

”Wings Air akan menambah pengalaman terbang setiap wisatawan dengan sensasi tersendiri menggunakan pesawat turboprop tipe ATR 72-500 atau ATR 72-600. Armada ini berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi, paling nyaman dan canggih di kelasnya yang mampu menerbangi rute jarak pendek,” jelas Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro.

Kehadiran akses jalur udara di koridor Pulau Jawa ini menjadi salah satu keseriusan Wings Air dalam menjembatani antarwilayah. Tentu, tetap mengutamakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. Wings Air akan memberikan nilai lebih kepada travelers maupun business, karena waktu tempuh antardestinasi relatif singkat berkisar 60 menit.

Peluncuran rute Yogyakarta menuju BIJB Kertajati mempunyai pertimbangan potensi pasar di kedua provinsi. Diikuti pula dengan tingginya permintaan travelers yang mengharapkan tersedia penerbangan langsung. Sehingga tercipta interkonektivitas terbaik antara Jawa Barat dan Yogyakarta. Rute tersebut juga menjadi bagian upaya mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pengembangan pariwisata nasional, termasuk kunjungan wisatawan serta pemerataan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Kertajati adalah destinasi ketiga di Jawa Barat yang diterbangi Wings Air setelah Bandung dan Tasikmalaya. Untuk penerbangan dari Yogykarta, saat ini Wings Air sudah melayani dengan tujuan Bandung. Dengan demikian, menempatkan Majalengka menjadi opsi terbaru yang akan melengkapi layanan perjalanan bagi travelers.

Bagi masyarakat, wisatawan serta pebisnis yang berasal dari Majalengka dan sekitar, Yogyakarta merupakan alternatif baru sebagai kota transit untuk melanjutkan penerbangan ke berbagai kota bersama Lion Air Group (Lion Air dan Batik Air), yaitu Jakarta, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan, Palu, Denpasar, Lombok, Palembang, Padang serta kota-kota lainnya.

Wings Air memproyeksikan tren pertumbuhan perjalanan udara Yogyakarta dan Majalengka akan terus tumbuh. Dengan demikian, turut berkontribusi positif bagi Wings Air untuk meningkatkan pengembangan bisnis, seperti penambahan jumlah frekuensi terbang ataupun pembukaan rute baru dari kota lainnya.

”Sehubungan ekspansi ini, Wings Air mengucapkan terima kasih atas dukungan, koordinasi dan kerja sama dari regulator, pengelola bandar udara, AirNav Indonesia dan berbagai pihak lainnya dalam mewujudkan kelancaran terselenggaranya rute baru,” ungkapnya.

Wings Air telah terbang ke-118 destinasi dalam dan luar negeri. Untuk jaringan regional, sudah melayani ke Kuching, di Malaysia. Wings Air memiliki frekuensi yang mencapai lebih dari 350 penerbangan perhari dengan didukung 63 armada ATR 72-500/ 600. (rls)