Yance Deklarasikan Supendi-Taufik, PKB Usung Daniel-Solihin

Menuju Pilkada Indramayu

Daniel-Mutaqin-dalam-sebuah-acara
Tokoh muda Indramayu Daniel Mutaqin Syafiuddin diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mejadi calon bupati pada Pilkada Indramayu 2020. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Sikap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang lebih memilih Daniel Mutaqin Syafiuddin sebagai calon Bupati Indramayu pada Pilkada 2020, untuk berdampingan dengan Muhamad Solihin (Ketua DPC PKB Indramayu), mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Daniel merupakan kader Partai Golkar, dan saat ini masih duduk sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Golkar.

Sementara Partai Golkar sendiri sudah memunculkan pasangan Supendi-Taufik Hidayat, yang bakal maju di Pilkada 2020. Peluncuran pasangan itu telah dilakukan oleh Irianto MS Syafiuddin (Yance) di Bandung, pekan lalu.

Seperti diketahui, Supendi adalah Ketua DPD Partai Golkar Indramayu, dan saat ini menjabat Bupati Indramayu. Sedangkan Taufik Hidayat adalah Ketua Harian DPD Partai Golkar Indramayu, dan saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Indramayu.

Bagaimana reaksi Daniel Mutaqin Syafiuddin menanggapi sikap PKB yang mengusung dirinya sebagai calon Bupati Indramayu? Putra pasangan Irianto MS Syafiuddin (Yance)–Anna Sophanah ini pun menanggapi dengan santai, dan enggan berkomentar banyak. Menurutnya, apa yang disampaikan oleh rekan-rekan PKB merupakan bukti kalau politik itu dinamis.

“Terima kasih atas dukungan PKB terhadap saya. Secara pribadi dan sebagai kader Partai Golkar, saya sangat mengapresiasi apa yang disampaikan rekan-rekan dari PKB,” kata Daniel singkat.

Pernyataan Daniel tersebut tentu saja memunculkan banyak spekulasi di masyarakat. Apalagi saat ini PKB yang hanya memiliki 7 kursi di DPRD masih membutuhkan koalisi dengan partai lain.

Partai yang kemungkinan bisa bergabung adalah PDI Perjuangan (7 kursi), Gerindra (6 kursi), Demokrat (3 kursi), PKS (2 kursi), Nasdem (1 kursi), Hanura (1 kursi), dan Perindo (1 kursi). Namun, saat ini Gerindra, PKS dan Demokrat merupakan koalisi pengusung bupati incumbent, Supendi-Taufik Hidayat.

Jika PKB sukses menggalang koalisi untuk mengusung pasangan DMS, maka kemungkinan besar akan terjadi head to head pada Pilkada 2020. Namun, perjalanan memang masih panjang. Dinamika politik akan terus berubah dari waktu ke waktu. Bahkan, untuk mengetahui siapa pasangan yang akan didaftarkan ke KPU Indramayu, terkadang harus menunggu hingga detik-detik terakhir.

Seperti diberitakan sebelumnya, politisi senior PKB yang juga anggota Dewan Syuro DPP PKB, Dedi Wahidi, menegaskan bahwa PKB tulus untuk mengusung tokoh muda pada pilkada 2020, yaitu pasangan Daniel Mutaqin Syafiudin-Muhamad Solihin (DMS). Pasangan ini dinilai cocok di era milenial. Di samping itu, kata Dedi, sikap PKB ini juga sangat realistis dan berdasarkan saran serta masukan dari para tokoh maupun kiai di PKB. (oet)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait