YANU Bedah Rumah Warga Kriyan Barat

CIREBON-Manfaat dari program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) ternyata banyak dirasakan masyarakat, karena program tersebut bisa membantu memperbaiki rumah warga yang kurang mampu untuk membangun rumahnya menjadi rumah yang layak dihuni.

Hal ini menjadi banyak ragam cerita di tengah masyarakat Kota Cirebon. Seperti yang dirasakan salah seorang penerima manfaat rutilahu yakni Nani Rosiani warga Kampung Kriyan Barat, Kelurahan Pagambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Rasa bahagia itu dirasa Nani karena rumahnya yang semula tidak layak huni telah direhab oleh Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) Jakarta, menjadi rumah yang sehat.

Suasana haru pecah ketika Ny Emilia Effendi selaku Ketua Umum Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) Jakarta bersama Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon Iing Daiman meninjau rumah Nani yang ditempati bersama orangtuanya Supinah (68) dan Warsad (69) yang berbaring karena kondisinya sedang sakit, Kamis pagi (12/9).

“Saya atasnama keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak dan ibu telah merehab rumah kami ini. Alhamdulillah kini kami bisa punya rumah yang layak untuk tinggal. Semoga kebaikan ibu mendapat keberkahan,”katanya sambil meneteskan air mata.

Kepada radarcirebon.com, Ketua Yayasan Amal Nusatan Utama Jakarta, Ny Emilia Effendi mengatakan kegiatan sosial tersebut murni dari gerakan hati dan tidak ada muatan apapun apalagi politik.

“Kegiatan sosial ini telah kami bukan hanya di Kota Cirebon saja. Di Cirebon saja sudah 12 rumah yang kami renovasi termasuk di Kriyan Barat ini. Di kota lain juga kami lakukan sepert di Manado, Jakarta dan Tangerang,” katanya.

Ny Emilia juga menjelaskan, pihaknya bukan hanya melakukan renovasi rumah, tetapi juga ada bantuan pengobatan, pemberian tas dan alat sekolah, dan hewan kurban.

“Sebelum kami melakukan kegiatan, saya terjunkan Tim terlebih dahulu ke Kota Cirebon untuk melakukan survei terhadap rumah-rumah yang tidak layak huni. Kriterianya rumah yang dihuni oleh lanjut usia yang tidak bisa apa-apa dan yang tidak laik huni. Jadi tujuan kegiatan ini murni untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon Iing Daiman menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) Jakarta yang turut membantu pemecahan masalah sosial di Kota Cirebon.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah Kota Cirebon mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) Jakarta. Saya berharap bisa berkolaborasi antara YANU Jakarta dengan DSPPPA dalam menyelesaikan permasalahan sosial di Kota Cirebon,” ucapnya. (rdh)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait