Zakat Se-Jabar Capai Rp443 Miliar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) didampingi Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat, Arif Ramdani saat membayar zakat. FOTO:BIRO HUMAS DAN PROTOKOL SETDA PEMPROV JABAR
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) didampingi Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat, Arif Ramdani saat membayar zakat. FOTO:BIRO HUMAS DAN PROTOKOL SETDA PEMPROV JABAR

BANDUNG–Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat berhasil mengumpulkan zakat, zakat fitrah, infak dan sedekah selama bulan suci Ramadan dengan total sebesar Rp443.213.345.896. Hal ini disampaikan oleh Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat Arif Ramdani di sela-sela rangkaian kegiatan  salat Idul Fitri di Lapangan Gasibu Bandung, Rabu (5/6) lalu.

“Jumlah tersebut berdasarkan laporan dari seluruh Baznas di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat yang diakumulasikan,” katanya.

Sementara, lanjut dia, untuk pengumpulan zakat fitrah dikonversi dengan uang, sebesar Rp384. 261.216.491. Adapun pengumpulan zakat mal sebesar Rp35.248.747.914. Juga infak dan sedekah sebesar Rp23.703.381.491. “Demikian yang kami laporkan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan bahwa zakat bisa meningkatkan ibadah dan ketakwaan kepada Allah SWT. Terlebih, zakat bisa meningkatkan kepedulian terhadap sesama umat. “Alhamdulillah, jika zakat ini kita tunaikan di bulan suci Ramadan, maka banyak pihak atau mustahik yang terbantu dan tentunya kita akan mendapatkan balasan dari Allah SWT,” ujarnya.

Untuk itu, pada saat Ramadan, Emil mengajak seluruh warga Jawa Barat, terutama umat Islam, untuk mambayar zakat. “Saya mengajak seluruh warga Jawa Barat, khususnya umat Islam, mari kita tingkatkan ibadah dan ketakwaan. Salah satunya adalah memperbanyak salat dan menunaikan zakat,” ajaknya.

Pasalnya, membayar zakat merupakan bagian dari kita membangun Jawa Barat Juara Lahir dan batin. “Mari membangun Jawa Barat, mari kita menolong sesama umat dengan cara membayar zakat,” tandasnya. (jun)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait